Studi Banding Universitas Bina Nusantara x Universitas Indonesia

Studi Banding Universitas Bina Nusantara x Universitas Indonesia
By Noviando Yulio

Pada tanggal 26 Agustus, laboratorium Teknik Industri Universitas Bina Nusantara telah mengunjungi laboratorium ergonomics Universitas Indonesia dalam kegiatan Studi Banding dengan topik Ergonomi. Acara Studi Banding ini di hadiri oleh para mahasiswa/mahasiswa yang menyambil sebagai Asisten Human-Integrated Systems dan Asisten Full-time, serta dibimbing oleh dosen pengampuh mata kuliah Human-Integrated Systems yakni Bapak Amir Tjolleng, S.Si, M,Sc., Ph.D. Kunjungan ke laboratorium ergonomics Universitas Indonesia dimulai keberangkatan pada pukul 07.15 dari kampus Binus Anggrek dengan akomodasi menggunakan Bus Binus. Terdapat 15 peserta perwakilan yang mengikuti studi banding dari laboratorium Teknik Industri Universitas Bina Nusantara ke laboratorium ergonomics Universitas Indonesia. Perjalanan menuju Universitas Indonesia berjalan dengan lancar dengan durasi perjalanan kurang lebih selama 50 menit dalam kondisi jalan lancar dilewati. Pukul 08.05, bus binus tiba di depan gedung Departement Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan disambut oleh security yang sedang bertugas.

Peserta studi banding dari Universitas Bina Nusantara sangat antusias memasukin lorong gedung menuju gedung Laboratorium Ergonomics Universitas Indonesia, suasana yang sejuk dari lingkungan sekitar gedung ikut menyelimuti perjalanan mahasiswa. Tiba di depan pintu masuk gedung Laboratorium Ergonomics Universitas Indonesia, peserta studi banding Universitas Bina Nusantara disambut hangat oleh peserta studi banding dari Universitas Indonesia yang meliputi para asisten laboratorium dan dosen Universitas Indonesia sekaligus menjabat sebagai Kepala Laboratorium Ergonomics Universitas Indonesia, yaitu Ibu Maya Arlini Puspasari, ST., MT., M.BA. Setelah itu, peserta studi banding Universitas Binus diarahkan ke lantai 3 untuk menjalani agenda studi banding pembukaan, yaitu pemaparan materi dari Laboratorium Teknik Industri Universitas Bina Nusantara yang dibawakan oleh Noviando Yulio selaku asisten full-time. Selanjutnya, pemaparan materi Laboratorium Ergonomics Universitas Indonesia yang dibawakan oleh Ibu Maya, Ibu Salsabila selaku dosen dan Karen selaku koordinator asisten laboratorium ergonomics UI. Kegiatan pemaparan materi dari kedua pihak Universitas berjalan dengan lancar dan hikmat. Setelah menjalani kegiatan pemaparan materi dari kedua pihak, dilanjutkan agenda berikutnya, yakni sesi diskusi dan tanya jawab dari kedua pihak studi banding yang berlansung selama 20 Menit. Sesi diskusi berjalan lancar dan penuh semangat dari para peserta studi banding, para peserta sangat antusias bertanya kepada pihak Universitas terkait materi yang telah disampaikan sehingga menambahkan wawasan para peserta yang mengikuti studi banding.

Setelah sesi diskusi dan tanya jawab, peserta studi banding Univeritas Binus diajak melihat alat-alat praktikum yang digunakan oleh mahasiswa, asisten, serta dosen dalam menjalankan berbagai aktivitas, seperti praktikum, riset mahasiswa, pengembangan materi modul, serta skripsi atau tugas akhir perkuliahan yang tersedia di Laboratorium Ergonomics UI. Alat-alat laboratorium yang diperkenalkan kepada peserta studi banding Universitas Binus, meliputi: Anthroscan, Heat and Cold Room, Acoustic Room, Virtual Reality Room, Driving Simulator, Jack Simulation, dll.

Peserta studi banding Universitas Binus tidak hanya melihat saja terkait alat-alat yang ditunjukkan, namun diperbolehkan untuk melakukan uji coba alat-alat tersebut. Tidak sedikit dari peserta studi banding Univeritas Binus sangat tertarik dan antusias untuk melakukan uji coba alat-alat Laboratorium Ergonomics UI yang tidak terdapat di Laboratorium Teknik Industri Univeritas Binus. Setelah selesai melihat serta melakukan uji coba terhadap alat-alat Laboratorium Ergonomics Univeritas Indonesia, sesi berikutnya adalah penyerahan cindera mata dari kedua pihak Universitas yang menjalankan studi banding diwakili oleh Bapak Amir Amir Tjolleng, S.Si, M,Sc., Ph.D selaku Dosen pembimbing peserta Laboratorium Teknik Industri Universitas Binus dan Ibu Maya Arlini Puspasari, ST., MT., M.BA selaku Kepala Laboratorium Ergonomics Univeritas Indonesia. Akhir acara studi banding yang telah diselenggarakan, terdapat sesi foto bersama untuk mengingat momen yang tidak terlupakan dari kedua pihak Univeritas yang sepakat menjalani studi banding dengan tujuan menambah wawasan kepada para peserta yang menjalaninya.