Ergonomics Summer Camp (ERGOCAMP) 2022

Ergonomics Summer Camp (ERGOCAMP) 2022

Ergonomics Summer Camp atau disingkat dengan ERGOCAMP merupakan kegiatan tahunan mahasiswa Teknik Industri yang dinaungi oleh Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI). Kegiatan ini berupa wadah silaturahmi serta diskusi antar mahasiswa dan dosen di seluruh Indonesia yang memiliki ketertarikan pada bidang Ergonomi. ERGOCAMP telah berlangsung sejak tahun 2016, di mana pada tahun ini, kegiatan ERGOCAMP ke-6 akan diselenggarakan oleh empat universitas yang berada di wilayah Jakarta-Banten, yaitu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Tarumanegara, Universitas Serang Raya, dan Universitas Bina Nusantara.

Dengan melihat problematik yang ada setelah pandemi Covid-19 berakhir, maka ERGOCAMP tahun ini mengusung tema Peran Ergonomi Pasca Pandemi: Kesadaran Terhadap Keselamatan Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas. Pemilihan tema tersebut disebabkan oleh peran serta aplikasi ilmu ergonomi dalam bidang Industri yang cukup berkembang pesat dewasa ini. Namun, sumber daya manusia (SDM) yang tersedia tidak terlalu memperhatikan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) saat beraktivitas sehingga berdampak pada performa kerja yang menurun.

Kegiatan ERGOCAMP ke-6 akan membahas mengenai pengaruh ilmu ergonomi setelah pandemi Covid-19, khususnya pada bidang keselamatan kerja di mana hal itu merupakan isu penting pada era ini yang menyangkut kesehatan serta produktivitas dari setiap individu. Cara pengimplementasian K3 serta safety behavior di bidang Industri pun akan menjadi fokus pada ERGOCAMP kali ini. Berdasarkan permasalahan yang terjadi akhir-akhir ini, diharapkan peserta ERGOCAMP 2022 dapat menemukan solusi dari sudut pandang ergonomi yang dapat membantu menyelesaikan isu tersebut.

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bina Nusantara turut berpartisipasi dan memeriahkan kegiatan ERGOCAMP. Tidak hanya mendapatkan pengalaman baru, Mahasiswa/I Teknik Industri Universitas Bina Nusantara juga mendapatkan relasi baru dari berbagai Universitas yang mengikuti kegiatan ERGOCAMP. Hal ini sangat bagus bagi para Mahasiswa/I untuk membangun pertemanan, bertukar informasi, dan menjalin komunikasi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11-12 November 2022 yang berlokasi di My Pisita Villa Anyer, Banten. Adapun bentuk dari kegiatan ERGOCAMP ialah berupa summercamp berisi seminar, pemaparan essay, debat ergonomi, serta kegiatan lainnya.